Definisi Dan , Pembagian Terstruktur Mengenai Dan Elemen Multimedia

Definisi Dan , Pembagian Terstruktur Mengenai Dan Elemen Multimedia - Hallo sahabat SEPUTAR DEFINISI, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Definisi Dan , Pembagian Terstruktur Mengenai Dan Elemen Multimedia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang termasuk dalam kategori Artikel Multimedia, yang kami tulis ini dapat anda pahami.

Baca juga


Definisi Dan , Pembagian Terstruktur Mengenai Dan Elemen Multimedia

Multimedia Pada awalnya multimedia hanya meliputi media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra telinga (suara) dan juga berupa ( berwujud). Dalam perkembangannya multimedia meliputi juga kinetik (gerak) dan basi yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik semenjak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada dingklik daerah duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.

Bau mulai menjadi potongan dari multimedia semenjak ditemukan teknologi reproduksi basi melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator sanggup mengirimkan hasil digitizing basi tersebut melalui internet. Komputer peserta harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi basi ini mencampurkan aneka macam jenis materi basi yang sesudah dicampur menghasilkan output berupa basi yang ibarat dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menimbulkan feromon-feromon basi sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.

Multimedia ialah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar,animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna sanggup melaksanakan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk memmbuat website.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios gosip dan training dalam sistem e-learning.

Kata “Multimedia” secara sederhana sanggup diartikan sebagai kemampuan untuk mengkomunikasikan lebih dari satu cara. Beberapa pengertian lain dari Multimedia, yaitu:
  1. Multimedia ialah media yang memakai beberapa bentuk dari isi gosip dan proses gosip (seperti: tulisan, audio, grafis, animasi, video, dan interactivity) untuk menginformasikan dan menghibur pengguna atau penonton. 
  2. Multimedia ialah Sebuah kombinasi dari majemuk media termasuk suara, animasi, video dan grafis.
  3. Multimedia ialah komunikasi yang memakai aneka macam kombinasi dari media yang berbeda, dengan atau tanpa memakai komputer, dimana termasuk penggunaan goresan pena (text), suara, musik, gambar, animasi, dan video.
  4. Multimedia ialah presentasi komputer yang terkontrol yang mengkombinasikan tiga atau lebih dari elemen-elemen seperti: goresan pena (text), grafis, animation, full-motion images, still video images, dan sound

Pengertian Multimedia Menurut para Ahli
  1. Pengertian Multimedia Menurut Najjar (1996): Multimedia ialah penyampaian gosip memakai campuran dari teks, grafik, suara, video, dan animasi.
  2. Pengertian Multimedia Menurut Rosch (1996): Multimedia ialah kombinasi dari komputer dan video.
  3. Pengertian Multimedia Menurut Mc Cormick (1996): Multimedia ialah kombinasi tiga elemen, yaitu: suara, gambar, dan teks.
  4. Pengertian Multimedia Menurut Turban (2002): Multimedia ialah kombinasi dari dua atau lebih media input atau output dari data, di mana media tersebut sanggup berupa audio (suara/musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar.
  5. Pengertian Multimedia Menurut Robin dan Linda (2001): Multimedia ialah alat yang membuat presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video.

Klasifikasi Media
  1. Media Persepsi : bagaimana insan mempersepsikan gosip dalam lingkungan komputer
  2. Media representasi : bagaimana arahan gosip komputer 
  3. Media presentasi : melalui media mana gosip dikirim oleh komputer atau dimasukkan ke dalam komputer
  4. Media penyimpanan : dimana gosip akan disimpan 
  5. Media tranmisi : melalui medium apa gosip itu akan dikirimkan
  6. Media pertukaran gosip : gosip pembawa mana yang akan digunakan untuk pertukaran gosip diantara tempat-tempat yang berbeda.

Elemen multimedia
  1. Text, Tulisan ialah dasar dari semua aplikasi mulltimedia yang akan kita buat. Penggunaan aneka macam macam gaya, font dan warna dari goresan pena sanggup digunakan untuk menonjolkan tema tertentu.
  2. Images, Melihat sebuah gambar dari sebuah obyek sanggup menunjukkan imbas yang lebih besar jikalau dibandingkan dengan hanya membacanya, contohnya sebuah karya seni lukis, seni grafis, karya fotografi atau gambar dari video
  3. Movies / Video, Dengan memakai gambar hidup, kita sanggup menunjukkan sebuah presentasi menjadi lebih menarik, kaya dan hidup.
  4. Animation, Dalam Multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer untuk membuat gerak pada layar.
  5. Sound / Audio, PC multimedia tanpa adanya bunyi hanya akan disebut unimedia, bukan multimedia.
  6. User Control / Interactivity

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
Iwan Binanto. 2010. Multimedia Digital: Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.

Anda sudah membaca artikel Definisi Dan , Pembagian Terstruktur Mengenai Dan Elemen Multimedia

0 Response to "Definisi Dan , Pembagian Terstruktur Mengenai Dan Elemen Multimedia"

Posting Komentar