Definisi Dan Pengertian Pengawasan

Definisi Dan Pengertian Pengawasan - Hallo sahabat SEPUTAR DEFINISI, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Definisi Dan Pengertian Pengawasan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang termasuk dalam kategori Artikel Manajemen, Artikel Pengetahuan, yang kami tulis ini dapat anda pahami.

Baca juga


Definisi Dan Pengertian Pengawasan

Pengertian Pengawasan. Pengawasan ialah suatu perjuangan sistematis memutuskan standar-standar dengan tujuan perencanaan, merancang berdiri sistem, umpan balik informasi, membandingkan kinerja bergotong-royong dengan standar-standar yang telah ditentukan terlebih dahulu. Dengan memilih apakah ada penyimpangan dan mengukur kemudaratannya, serta mengambil tindakan yang diharapkan yang menjamin pemanfaatan penuh sumber daya yang dipakai secara efisien dan efektif dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.

Berikut ialah Pengertian Pengawasan Menurut Para Ahli

  1. Dalam kamus bahasa Indonesia istilah “Pengawasan berasal dari kata awas yang artinya memperhatikan baik-baik, dalam arti melihat sesuatu dengan cermat dan seksama, tidak ada lagi aktivitas kecuali memberi laporan menurut kenyataan yang bergotong-royong dari apa yang di awasi”.
  2. Menurut seminar ICW pertanggal 30 Agustus 1970 mendefenisikan bahwa “ Pengawasan sebagai suatu aktivitas untuk memperoleh kepastian apakah suatu pelaksaan pekerjaan / aktivitas itu dilaksanakan sesuai dengan rencana, aturan-aturan dan tujuan yang telah di tetapkan”.
  3. Menurut Prayudi: “Pengawasan ialah suatu proses untuk memutuskan pekerjaan apa yang di jalankan, dilaksanakan, atau diselenggarakan itu dengan apa yang dikehendaki, direncanakan atau diperhatikan”.
  4. Menurut Saiful Anwar, pengawasan atau kontrol terhadap tindakan aparatur pemerintah diharapkan biar pelaksanaan kiprah yang telah ditetapkan sanggup mencapai tujuan dan terhindar dari penyimpangan-penyimpangan.
  5. Menurut M. Manullang menyampaikan bahwa : “Pengawasan ialah suatu proses untuk memutuskan suatu pekerjaan apa yang sudah dilaksanakan, menilainya dan mengoreksi jikalau perlu dengan maksud supaya pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan planning semula”
  6. Menurut Sarwoto yang dikutip oleh Sujamto menunjukkan batasan :”Pengawasan ialah aktivitas manager yang mengusahakan biar pekerjaan-pekerjaan terealisasi sesuai dengan planning yang ditetapkan atau hasil yang dikehendaki”.
  7. Menurut Harold Koonz,dkk, yang dikutip oleh John Salinderho menyampaikan bahwa pengawasan ialah : Pengukuran dan pembetulan terhadap aktivitas para bawahan untuk menjamin bahwa apa yang terealisasi itu cocok dengan rencana. Makara pngawasan itu mengukur  pelaksanaan  dibandingkan  dengan  cita-cita  dan  rencana, menunjukkan dimana  ada penyimpangan  yang  negatif dan dengan menggerakkan  tindakan-tindakan  untuk  memperbaiki  penyimpangan-penyimpangan, membantu menjamin tercapainya rencana-rencana.

Dalam kehidupan sehari-hari baik kalangan masyarakat maupun di lingkungan perusahaan swasta maupun pemerintahan makna pengawasan ini agaknya tidak terlalu sulit untuk di pahami.

Dikutip dari banyak sekali sumber.


Unduh File Materi Definisi Dan Pengertian Pengawasan


Anda sudah membaca artikel Definisi Dan Pengertian Pengawasan

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Pengawasan"

Posting Komentar