Definisi Dan Pengertian Elastisitas Penawaran (Elasticity Of Supply)

Definisi Dan Pengertian Elastisitas Penawaran (Elasticity Of Supply) - Hallo sahabat SEPUTAR DEFINISI, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Definisi Dan Pengertian Elastisitas Penawaran (Elasticity Of Supply), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang termasuk dalam kategori Artikel Seputar Ekonomi, yang kami tulis ini dapat anda pahami.

Baca juga


Definisi Dan Pengertian Elastisitas Penawaran (Elasticity Of Supply)

Pengertian Elastisitas penawaran (Elasticity of Supply). Merupakan ukuran yang menggambarkan hingga dimana kuantitas yang ditawarkan akan mengalami perubahan sebagai jawaban perubahan harga. Elastisitas penawaran mengatakan persentase perubahan kuantitas yang ditawarkan sebagai jawaban perubahan harga sebesar satu persen Dalam pengukuran elastisitas penawaran dipakai persentase semoga perbedaan satuan barang sanggup dihilangkan.

Definisi Elastisitas penawaran (Elasticity of Supply)

  1. Menurut Ralona,n.d Pengertian Elastisitas penawaran ialah tingkat tanggapan (respons) terhadap perubahan harga. Jika harga bergerak naik, biasanya penawaran akan meningkat. Jika tidak meningkat, penawaran itu tidak elastis. Penawaran dikatakan lentur kalau kenaikan harga juga diikuti kenaikan produksi.
  2. Menurut Nicholson Elastisitas penawaran ialah mengukur ketanggapan (respon) jumlah yang ditawarkan terhadap perubahan harga komoditi itu sendiri sebagai faktor yang mempengaruhi penawaran
  3. Menurut Samuelson Elastisitas harga atas penawaran mengukur persentase perubahan jumlah yang ditawarkan sebagai reaksi terhadap perubahan 1 persen harga barang tersebut.

Jenis Elastisitas Penawaran (Elasticity of Supply)

  1. Penawaran elastisitas tepat Penawaran elastisitas tepat terjadi kalau harga suatu barang tidak berubah, akan tetapi penyediaan dari barang berubah, atau dengan kata lain, penawaran elastisitas tepat terjadi kalau perubahan penawaran tidak dipengaruhi sama sekali oleh perubahan harga
  2. Penawaran Elastis Penawaran lentur terjadi kalau perubahan harga diikuti dengan jumlah penawaran yang lebih besar. Atau dengan kata lain, penawaran lentur terjadi kalau persentase perubahan penawaran barang lebih besar dari persentase perubahan harga atau apabila nilai koofisiennya >1.
  3. Penawaran dengan elastisitas uniter Penawaran lentur uniter terjadi kalau perubahan harga sebanding dengan perubahan jumlah penawaran. Atau sanggup dikatakan elastisitas uniter kalau persentase perubahan harga sama dengan persentase perubahan penawaran atau kalau nilai koofisiennya =1.
  4. Penawaran tidak lentur (Inelastic). Penawaran inelastic terjadi kalau perubahan harga kurang kuat pada perubahan penawaran. Atau dengan kata lain penawaran tidak lentur terjadi kalau persentase perubahan penawaran barang lebih kecil dari persentase perubahan harga atau kalau nilai koofisiennya <1.
  5. Penawaran inelastic tepat Penawaran inelastic tepat sanggup terjadi kalau perubahan harga tidak sanggup mempengaruhi jumlah penawaran atau kalau nilai kofisiennya ialah 0.
Dikutip Dari Berbagai Sumber


Anda sudah membaca artikel Definisi Dan Pengertian Elastisitas Penawaran (Elasticity Of Supply)

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Elastisitas Penawaran (Elasticity Of Supply)"

Posting Komentar