Definisi Dan Pengertian Masyarakat Dan Ciri-Cirinya

Definisi Dan Pengertian Masyarakat Dan Ciri-Cirinya - Hallo sahabat SEPUTAR DEFINISI, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Definisi Dan Pengertian Masyarakat Dan Ciri-Cirinya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang termasuk dalam kategori Artikel Seputar Pengetahuan Umum, yang kami tulis ini dapat anda pahami.

Baca juga


Definisi Dan Pengertian Masyarakat Dan Ciri-Cirinya

Pengertian Masyarakat Dan Ciri-Cirinya. Masyarakat merupakan wadah untuk membentuk keperibadian diri warga kelompok insan atau suku yang berbeda satu dengan yang lainnya. Di dalam suatu masyarakat itu warga membuatkan serta melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang berasa di dalam lapisan masyarakat tertentu yang niscaya mempunyai ciri khas yang berbeda-beda.

 Masyarakat merupakan wadah untuk membentuk keperibadian diri warga kelompok insan atau  Definisi dan Pengertian Masyarakat Dan Ciri-Cirinya

Definisi Masyarakat

Berikut yaitu beberapa pengertian ihwal masyarakat yang antara lain yaitu :
  1. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. dimana sebuah masyarakat yaitu suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas.
  2. Pengertian Masyarakat yaitu sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi yaitu antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut.
  3. Masyarakat yaitu sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.
  4. Masyarakat yaitu sekelompok insan yang mendiami tempat tertentu dengan jangka waktu yang cukup lama. Dan sanggup berinteraksi dengan masyarakat lainnya dengan tujuan untuk mewujudkan keharmonisan dalam satu kesatuan sosial. Maka dari itu, diharapkan kolaborasi demi tercapainya tujuan yang dinginkan
  5. Menurut Syaikh Taqyuddin An-Nabhani, sekelompok insan sanggup dikatakan sebagai sebuah masyarakat apabila mempunyai pemikiran, perasaan, serta sistem/aturan yang sama. Dengan kesamaan-kesamaan tersebut, insan lalu berinteraksi sesama mereka menurut kemaslahatan.
  6. Dalam arti luas masyarakat yaitu keseluruhan kekerabatan dalam hidup bersama tidak dibatasi oleh lingkungan, bangsa dan sebagainya. Atau dengan kata lain kebulatan dari semua perhubungan dalam hidup bermasyarakat.
  7. Masyarakat dalam arti sempit yaitu sekelompok insan yang dibatasi oleh aspek-aspek tertentu, contohnya territorial, bangsa, golongan dan sebagainya. Salah satu contoh: ada masyarakat Jawa, dan masyarakat Sunda, masyarakat Minang, masyarakat Mahasiswa, masyarakat petani danseterusnya, dipakailah kata masyarakat itu dalam arti yang sempit.

Ciri-Ciri Masyarakat

Adapun Ciri-ciri masyarakat dalam satu bentuk kehidupan bersama antara lain yaitu sebagai berikut:
  1. Manusia yang hidup bersama. Di dalam ilmu sosial tak ada ukuran yang mutlak ataupun angka yang niscaya untuk memilih berapa jumlah insan yang harus ada. Akan tetapi secara teoritis, angka minimumnya yaitu dua orang yang hidup bersama.
  2. Bercampur untuk waktu yang cukup lama. dengan berkumpulnya manusia, maka akan timbul manusia-manusia baru. Manusia itu juga sanggup bercakap - cakap, merasa dan mengerti, mereka juga mempunyai keinginan-keinginan untuk memberikan kesan - kesan atau perasaan - perasaannya. Sebagai akhir hidup bersama itu, timbullah sistem komunikasi dan timbullah peraturan-peraturan yang mengatur kekerabatan antar insan dengan kelompok tersebut.
  3. Mereka sadar bahwa mereka merupakan suatu kesatuan.
  4. Mereka merupakan suatu sistem hidup bersama. Sistem kehidupan mersama mengakibatkan kebudayaan, oleh sebab setiap anggota kelompok merasa dirinya terikat satu dengan lainnya

Syarat Utama Individu Menjadi Masyarakat

Secara ringkas, kumpulan individu gres sanggup disebut sebagai masyarakat jikalau memenuhi empat syarat utama, yaitu
  1. Dalam kumpulan insan harus ada ikatan perasaan dan kepentingan;
  2. Mempunyai tempat tinggal atas kawasan yang sama dan atau mempunyai kesatuan ciri kelompok tertentu;
  3. Hidup bersama dalam jangka waktu yang cukup lama;
  4. Dalam kehidupan bersama itu terdapat aturan-aturan atau aturan yang mengatur prilaku mereka dalam mencapai tujuan dan kepentingan bersama.
sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Masyarakat
dan dikutip dari banyak sekali sumber


Unduh File Materi Definisi Dan Pengertian Masyarakat Dan Ciri-Cirinya


Anda sudah membaca artikel Definisi Dan Pengertian Masyarakat Dan Ciri-Cirinya

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Masyarakat Dan Ciri-Cirinya"

Posting Komentar