Definisi Dan Pengertian Patologi

Definisi Dan Pengertian Patologi - Hallo sahabat SEPUTAR DEFINISI, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Definisi Dan Pengertian Patologi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang termasuk dalam kategori Artikel Seputar Pengetahuan Umum, yang kami tulis ini dapat anda pahami.

Baca juga


Definisi Dan Pengertian Patologi

Pengertian Patologi. Sebagai suatu ilmu, Patologi meliputi bidang-bidang menyerupai patologi tanaman, patologi serangga, patologi kedokteran binatang dan patologi komparatif, serta patologi manusia.

Definisi Patologi

Patologi berasal dari pathos (Yunani) yang artinya “emosi, gairah,menderita”, dan Logos (ology) yang artinya “studi”. Kaprikornus patologi ialah studi penderitaan atau ilmu ihwal penyakit. Sifat yang patologis sanggup membantu dalam mengingat makna kedua kata patologi, lantaran berarti penyimpangan kesehatan (mental) dari yang normal.

Patologi ialah kajian dan diagnosis penyakit melalui investigasi organ, jaringan, cairan tubuh, dan seluruh badan (autopsi).

Dalam konteks kedokteran manusia, patologi tidak hanya merupakan ilmu dasar atau teoritik, tetapi juga merupakan spesialisasi kedokteran klinis. Patologi ialah belahan dari ilmu kedokteran yang mempelajari ihwal penyakit yang disebabkan lantaran perubahan struktur dan fungsi dari sel dan jaringan tubuh. 

Patologi ialah cabang ilmu pengobatan yang berkaitan dengan sebab-sebab penyakit dan prosesnya serta pengaruhnya terhadap struktur dan fungsi badan manusia. Secara khusus mengkaji proses penyakit dengan pengujian terhadap jaringan-jaringan dan cairan-cairan badan yang ditemukan selama pembedahan atau autopsi. 

Cabang Patologi

Dua cabang besar patologi ialah patologi anatomi dan patologi klinis antara lain ialah :
  1. Patologi anatomi didasarkan pada pengujian organ-organ dan jaringan-jaringan secara pribadi untuk memilih sifat, tingkat dan ramalan terhadap penyakit pasien, menyerupai dalam biopsy atau untuk menjelaskan sebab-sebab kematian pasien dalam suatu autopsy.
  2. Patologi klinis melibatkan prosedur-prosedur laboratorium untuk memilih pemusatan banyak sekali zat biokimia di dalam cairan tubuh, kumpulan sel-sel dan bentuk-bentuknya di dalam darah, sumsum tulang, dan jaringan-jaringan lain, fungsi-fungsi organ menyerupai hati, ginjal, status sistem kekebalan, dan identifikasi organisme-organisme yang menular.

Aspek-Aspek patologi

Empat aspek yang dipelajari dalam patologi antara lain adalah:
  1. Etiologi/ penyebab
  2. Patogenesis/ mekanisme perkembangan penyakit
  3. Perubahan molekuler dan morfologik
  4. Perubahan fungsional dan manifestasi klinis

Dikutip dari banyak sekali sumber


Unduh File Materi Definisi Dan Pengertian Patologi


Anda sudah membaca artikel Definisi Dan Pengertian Patologi

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Patologi"

Posting Komentar