Definisi Dan Pengertian Penilaian Dan Tahapannya

Definisi Dan Pengertian Penilaian Dan Tahapannya - Hallo sahabat SEPUTAR DEFINISI, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Definisi Dan Pengertian Penilaian Dan Tahapannya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang termasuk dalam kategori Artikel Seputar Pengetahuan Umum, yang kami tulis ini dapat anda pahami.

Baca juga


Definisi Dan Pengertian Penilaian Dan Tahapannya

Pengertian Evaluasi Dan Tahapannya. Pastinya anda sudah sering mendengarkan kata evaluasi... Nah Apa Itu Evaluasi..? Proses pelaksanaan suatu penilaian harus didasarkan atas planning penilaian sebuah program. Dimana Evaluasi dilakukan untuk sanggup mengetahui dengan niscaya pencapaian hasil, kemajuan dan hambatan yang dijumpai dalam pelaksanaan planning seni administrasi yang sanggup dinilai dan dipelajari untuk menjadi contoh perbaikan di masa mendatang. Berikut yakni klarifikasi mengenai Definisi Evaluasi Dan Jenis-Jenis Evaluasi.

Definisi Evaluasi

Evaluasi yakni suatu perjuangan untuk mengukur dan sumber nilai secara objektif dari pencapaian hasil-hasil yang direncanakan sebelumnya, dimana hasil penilaian tersebut dimaksudkan menjadi umpan balik untuk perencanaan yang akan dilakukan di depan.

Berdasarkan kamus besar Indonesia, penilaian yakni suatu penilaian dimana penilaian itu ditujukan pada orang yang lebih tinggi atau yang lebih tahu kepada orang yang lebih rendah, baik itu dari jabatan strukturnya atau orang yang lebih rendah keahliannya. Evaluasi yakni suatu proses penelitian nyata dan negatif atau juga campuran dari keduanya.

Menurut Jones penilaian yakni suatu acara yang dirancang untuk menimbang manfaat acara dalam spesifikasi kriteria, teknik pengukuran, metode analisis dan bentuk rekomendasi.

Secara Umum penilaian yakni merupakan suatu investigasi terhadap pelaksanaan suatu acara yang telah dilakukan dan yang akan dipakai untuk meramalkan, memperhitungkan, dan mengendalikan pelaksanaan acara ke depannya biar jauh lebih baik. Evaluasi lebih bersifat melihat ke depan dari pada melihat kesalahan- kesalahan dimasa lalu, dan ditujukan pada upaya peningkatan kesempatan demi keberhasilan program. Dengan demikian misi dari penilaian itu yakni perbaikan atau penyempurnaan di masa mendatang atas suatu program.

Tahap-Tahap Evaluasi

Apabila dilihat dari pentahapannya, secara umum penilaian sanggup dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:
  1. Evaluasi tahap perencanaan. Yaitu penilaian yang dipakai dalam tahap perencanaan untuk mencoba menentukan dan menentukan skala prioritas terhadap banyak sekali alternatif dan kemungkinan terhadap cara pencapaian tujuan yang ditetapkan sebelumnya.
  2. Evaluasi pada tahap pelaksanaan Pada tahap ini penilaian yakni suatu kegiatan yang melaksanakan analisa untuk menentukan tingkat kemajuan pelaksanaan dibanding dengan rencana. Terdapat perbedaan antara konsep berdasarkan penelitian ini dengan monitoring.
  3. Evaluasi pada tahap pasca pelaksanaan. Dalam hal ini konsep pada tahap pelaksanaan, yang membedakannya terletak pada objek yang dinilai dengan yang dianalisa, dimana tingkat kemajuan pelaksanaan dibanding planning tetapi hasil pelaksanaan dibanding dengan planning yakni apakah imbas yang dihasilkan oleh pelaksanaan kegiatan tersebut sesuai dengan tujuan yang akan atau ingin dicapai.
Dikutip Dari Berbagai Sumber


Unduh File Materi Definisi Dan Pengertian Penilaian Dan Tahapannya


Anda sudah membaca artikel Definisi Dan Pengertian Penilaian Dan Tahapannya

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Penilaian Dan Tahapannya"

Posting Komentar