Definisi Dan Pengertian Kantor Serta Tujuan Dan Fungsinya

Definisi Dan Pengertian Kantor Serta Tujuan Dan Fungsinya - Hallo sahabat SEPUTAR DEFINISI, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Definisi Dan Pengertian Kantor Serta Tujuan Dan Fungsinya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang termasuk dalam kategori Artikel Seputar Pengetahuan Umum, yang kami tulis ini dapat anda pahami.

Baca juga


Definisi Dan Pengertian Kantor Serta Tujuan Dan Fungsinya

Pengertian Kantor Serta Tujuan Dan Fungsinya. Apa yang dimaksud dengan Kantor. Berikut ialah klarifikasi seputar definisi kantor, tujuan kantor dan fungsi kantor

Definisi Kantor

Menurut KBBI, ialah balai (gedung, rumah, ruang) daerah mengurus suatu pekerjaan (perusahaan); daerah bekerja. Kantor merupakan suatu unit organisasi yang terdiri dari daerah personil dan operasi ketatausahaan.

Pengertian kantor secara etimologi diambil dari dua bahasa yang berbeda, yang pertama bahasa Belanda “Kantoor” yang mempunyai arti suatu ruangan daerah bekerja, dapat juga daerah pimpinan suatu instansi. Sedangkan yang kedua berasal dari bahasa Inggris yakni “Office” yang mempunyai arti ruang daerah seseorang atau lebih melaksanakan pekerjaan, atau daerah santunan pelayanan kepada orang lain. Sekilas makna kata masing-masing bahasa tersebut mempunyai makna yang sama, yakni kantor diartikan sebagai suatu daerah atau ruang yang dipakai untuk aktifitas bekerja.

Kantor ialah Tempat dilaksanakannya kegiatan menangani informasi, Proses menangani informasi, mulai dari menerima, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, hingga menyalurkan / mendistribusikan informasi.

Pengertian kantor ditinjau dari dua segi, yaitu:
  1. Segi fisik: Kantor dilihat dari bentuk luar atau gedung yang bersifat statis, yaitu suatu daerah penyelenggaraan kegiatan- kegiatan manajemen. Misalnya, pemeliharaan warkat (records keeping) dan pengurus info (information handling).
  2. Segi aktivitas: Kantor dilihat dari kegiatannya yang bersifat dinamis, yakin adanya pembagian pekerjaan di antara mereka yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut.

Tujuan dan Fungsi Kantor

Tujuan kantor sebagai pemberi pelayanan komunikasi dan perekaman. Sedangkan fungsi dari kantor ialah sebagai berikut :
  1. Menerima informasi. Menerima info dalam bentuk surat, penggilan telepon, pesanan, faktur, dan laporan mengenai aneka macam kegiatan bisnis.
  2. Merekam dan menyimpan data-data serta informasi. Tujuan pembuatan rekaman ialah menyiapkan info sesegera mungkin apabila administrasi meminta info tersebut.
  3. Mengatur info Informasi yang diakumulasi oleh kantor jarang dalam bentuk yang sama layaknya dikala diberikan, menyerupai mengumpulkan info dan sumber-sumber yang berbeda dan menciptakan perhitungan/pembukuan.
  4. Memberi info Bila administrasi diminta sejumlah info yang diperlukan, kantor memperlihatkan info tersebut dari rekaman yang tersedia. Sebagian info yang diberikan bersifat rutin, sebagian bersifat khusus.
  5. Melindungi aset yakni dengan mengamati secara cermat aneka macam kegiatan dalam perusahaan menyerupai diperlihatkan di dalam rekaman dan mengantisipasi segala hal yang tidak menguntungkan yang mungkin terjadi.

Anda sudah membaca artikel Definisi Dan Pengertian Kantor Serta Tujuan Dan Fungsinya

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Kantor Serta Tujuan Dan Fungsinya"

Posting Komentar